keamanan jaringan

 

MATERI : KEAMANAN DAN JARINGAN

PENGERTIAN

Sesuatu hal yang sangat berkaitan dan dibutuhkan jika berkeinginan membangun bisnis hotel adalah system keamanan dan jaringan .

Pengamanan suatu sistem informasi sangatlah penting dalam hal menjaga kerahasiaan informasi suatu hotel, apabila suatu informasi penting jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggungjawab pastilah hotel tersebut yang akan sangat dirugikan, bahkan bisa saja informasi yang dicuri tersebut dapat menjadikan hotel tersebut bangkrut. Oleh karena itu, diperlukan adanya system jaringan yang bisa membantu mengontrol dan melancarkan system operasional dalam bisnis perhotelan.

 

Apa yang Dimaksud  Ancaman Keamanan Sistem Jaringan Hotel?

Ancaman keamanan sistem informasi jaringan hotel  adalah sebuah aksi yang terjadi baik dari dalam sistem maupun dari luar  yang dapat mengganggu keseimbangan sistem jaringan tersebut . Yang mana bisa berasal dari individu, organisasi, mekanisme, atau kejadian yang memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan pada sumber-sumber informasi/jaringan .

 

Bagaimana Cara Mengamankan Sistem Keamanan Jaringan?

 

Pada umumnya, pengamanan jaringan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu pencegahan dan pengobatan. Usaha pencegahaan dilakukan agar sebuah sistem keamanan tidak memiliki lubang dalam pengoperasiannya, sedangkan pengobatan dilakukan apabila saat ada lubang dalam sebuat sistem tersebut dapat segera di atasi.

Pengamanan dalam sebuah sistem jaringan diharapkan dapat menjaga setiap informasi yang ada di dalamnya. Pengamanan dalam sebuah sistem dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya :

1. Memilih Password

2. Memasang proteksi

3.  Pemantauan adanya serangan

4. Pemantauan Integritas Sistem

5. Melakukan backup secara rutin.

6. Penggunaan enkripsi

 

 

Bagaiman Cara Hotel Untuk Menjaga Keamanan Privasi Tamu nya?

Akses internet kini menjadi salah satu kebutuhan utama yang dibutuhkan banyak orang di mana pun, termasuk di hotel. Seringkali tamu yang berkunjung ke hotel ingin langsung terhubung dengan akses internet. Namun, tamu juga menginginkan akses internet yang keamanannya terjamin sehingga mereka dapat memenuhi berbagai kebutuhan secara online di hotel.

Untuk terhubung dengan akses internet di hotel, tamu harus melewati proses pendaftaran terlebih dulu dengan memasukkan data diri mereka. Hal ini tak jarang membuat tamu hotel merasa khawatir jika data yang dimasukkan tidak dapat terjaga dengan baik dan bisa disebar. Manajemen hotel perlu menjamin keamanan jaringan yang tersedia bagi tamu yang terhubung dengan akses internet.

Demi memastikan keamanan akses internet, manajemen hotel harus menyediakan perangkat jaringan access point yang mampu memberikan akses internet yang aman. Alcatel-Lucent Enterprise menyediakan solusi perangkat access point OmniAccess® Stellar seri AP1220, Access Point 1221-RW. Perangkat ini mampu mengatur penerimaan jaringan yang aman dengan akses terpadu, sehingga tiap gadget tamu yang terhubung dapat mengakses internet yang terjaga secara baik.

Dengan menyediakan akses internet yang aman, tamu akan merasa lebih nyaman selama menghabiskan waktu di hotel. Setiap kegiatan tamu yang memerlukan akses internet di hotel dapat dilakukan dengan lancar, tanpa harus khawatir data yang mereka masukkan saat pendaftaran akan tersebar. Perangkat Access Point 1221-RW menjadi pilihan cocok untuk menyediakan akses internet yang aman di hotel.

Selain mampu menjamin keamanan internet, perangkat ini juga memiliki fitur Dynamic Frequency Analysis (DFA) untuk mengoptimalkan saluran yang tersedia, serta memberikan daya transmisi yang tepat. Access Point 1221-RW ini juga dapat dikonfigurasi dengan mudah serta dikelola secara sederhana, cocok untuk keperluan internet di hotel. 

 

 

 Apa saja peralatan yang menunjang sistem keamanan di hotel?

ü  CCTV(Closed Circuit Television)

adalah sistem kamera pengawas yang menggunakan sinyal tertutup(closed circuit). CCTV digunakan untuk mengawasi suatu area yang dianggap penting atau rawan, mengingat makin banyaknya tindak kejahatan yang sangat merugikan. CCTV ini biasanya di pasang di tempat-tempat yang bersifat publik seperti di lobby hotel,di parkiran hotel,di koridor kamar hotel,di lift,di restaurant,di kantin karyawan,dan di lorong ruang kerja karyawan.

ü  Smoke Detector

Smoke detector ini adalah sistem keamanan yang terdapat di tiap kamar hotel.Fungsi dari smoke detector ini adalah mendeteksi adanya kepulan asap yang memenuhi ruang kamar sehingga karyawan hotel di divisi engineering bisa tahu adanya asap yang dapat dimungkinkan sebagai titik awal terjadinya kebakaran.

ü  Fire Sprinkler

Fire Sprinkler adalah alat yang berguna untuk memadamkan api secara otomatis,Umumnya sprinkler di pasang pada gedung yang memiliki ketinggan Diatas Lima Lantai / Tempat Yang memiliki fasilitas umum dan memiliki tingkat bahaya kebakaran seperti Hotel.

 

ü  Fire Alarm

Fire alarm ini adalah alarm tanda terjadinya kebakaran di hotel.Fire alarm ini akan berbunyi apabila api telah melepaskan atau memanaskan kepala sprinkle sehingga sprinkle sudah mengeluarkan air.

 

ü  5. Genset Alarm

Genset alarm ini adalah sistem keamanan berupa alarm yang berbunyi dan memberikan peringatan kepada staff Engineering ketika Genset terjadi mengalami kebocoran bahan bakar atau overheating

 

ü  6. Gas Detector

Gas detector ini berfungsi untuk mendeteksi terjadinya kebocoran gas baik itu gas yang ada di dalam tabung gas maupun pipa yang menyalurkan gas ke stove kitchen.

 

ü  7. Emergency Exit (pintu darurat)

 

Emergency exit ini adalah alat keamanan berupa pintu keluar darurat jika hotel mengalami sesuatu kejadian yang luar biasa seperti kebakaran.Emergency exit ini biasanya terdapat 2-3 buah yang masing-masing pintu keluar langsung menuju ke tempat yang aman.Emergency exit ada di dalam koridor kamar di masing-masing lantai yang biasanya langsung menuju ke parkiran mobil,emergency exit juga terdapat di lobby hotel dan di lobby ruang kerja karyawan hotel yang biasanya langsung menuju ke halaman depan atau halaman belakang hotel,sementara 1 lagi biasanya terdapat di dalam kitchen yang lansung menuju lobby hotel.

 

ü  Metal Detector

 

Metal detector ini adalah alat keamanan yang berfungsi sebagai pendeteksi alat-alat logam yang dimungkinkan berbahaya yang dibawa oleh tamu.Selain itu metal detector ini juga berfungsi untuk mencegah adanya bahan peledak yang masuk ke dalam hotel.

 

RUMUSAN MASALAH

ü Mengapa keamanan dan jaringan sangat penting dalam usaha bisnis hotel?

Karena apabila suatu informasi penting jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggungjawab pastilah hotel tersebut yang akan sangat dirugikan, bahkan bisa saja informasi yang dicuri tersebut dapat menjadikan hotel tersebut bangkrut.

ü Bagaimana cara melakukan pengamanan jaringan hotel?

Pengamanan dalam sebuah sistem dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya : Memilih Password,memasang proteksi, pemantauan adanya serangan,pemantauan integritas sistem,melakukan backup secara rutin

ü  Apa saja peralatan yang menunjang keamanan dan jaringan hotel?

Cctv,smoke detector, Fire Sprinkler, Fire Alarm,genset alarm,gas detector,emergency exit.

 

Sumber :

http://adhiemrissanjaya.blogspot.com/2017/01/analisis-keamanan-sistem-informasi-pada_45.html 

 https://alcatelkomunikasi.com/akses-internet-aman-untuk-menjaga-privasi-tamu-hotel/ 

https://jurnalsecurity.com/mengenal-sistem-keamanan-di-hotel/

https://gudangssl.id/sistem-keamanan-jaringan-komputer/https://diajengdewiblog.wordpress.com/2012/12/22/materi-keamanan-jaringan/

 

 

 

 

 

 

Komentar